Makanan Indonesia : Combro

Setiap orang Indonesia yang menetap di luar negeri, pasti pernah rindu dengan makanan Indonesia. Kalau masih yang gampang-gampang sih seperti Nasi Goreng, Gado-Gado, atau Sate, masih mudah mendapatkannya – tinggal pergi ke Restoran Indonesia (kalau ada) atau masak sendiri, karena bahannya relatif mudah didapat.  Tapi kalau makanan yang mulai rada-rada “eksotis” misalnya: Rawon, Gudeg, Lupis, Tape, dll, dll, hmmmm… perlu usaha yang lebih besar agar bisa menikmatinya. Apakah berusaha masak sendiri atau cari temen orang Indonesia yang bersedia memasaknnya.

Beberapa waktu lalu, saya tergiur melihat foto Combro di facebook salah satu teman Indonesia saya yang tinggal di Hawai, hmmm… jadilah saya “berburu” bahan untuk bikin Combro. Begitu saya berhasil membuatnya, lalu saya posting lagi fotonya di facebook saya, dan hehehe… gara-gara  postingan foto itu, ada lagi temen yang juga jadi “sangat rindu” makan Combro. Beginilah serunya tinggal di perantauan.

Cerita soal “berburu” bahan, saya bukan tipe orang yang membawa paket  bumbu instant dari Indonesia – hampir tidak ada – bagi saya lebih seru “berburu” bumbu atau bahan makanan Indonesia di negeri orang.  Sudah pasti, tidak mudah mendapatkannya, biasanya harus datang ke beberapa toko dulu,  kadang memang tidak ada, kalau sudah begitu, mesti lebih kreatif mencari penggantinya.

Kembali ke rindu akan Combro, untungnya di Nicosia (Cyprus) masih ada Singkong. Ya Singkong segar (bukan frozen) tapi arti kata segar disini tentu ga se-segar di Indonesia. Segar-nya cenderung jadi kayu sebenernya hehehe, seringkali kulit arinya sudah tidak berwarna pink lagi bahkan singkongnya berurat coklat. Yah, tapi lumayan lah !!! Soal harga, sekitar 3.5 euro perkilo atau Rp 55.000 , hahaha… combro jadi makanan mahal di sini.

Hampir 2 kg Singkong seharga Rp 100.000

Hampir 2 kg Singkong seharga Rp 100.000

Oncom sudah pasti tidak ada, Tempe saja tidak ada,jadi sebagai pengganti saya menggunakan dried soya minced atau “daging” buatan untuk para vegetarian. Rasanya sangat mirip, bahkan menurut saya lebih enak karena tidak ada baunya.

Dried Soya Minced

Dried Soya Minced

Dibawah ini saya bagikan resep Combro (ala Nicosia J) tapi yakinlah kalau di buat di rumah Anda pun, rasanya akan sama enaknya.

Ini Resepnya (untuk kira-kira 24 buah)

Bahan Kulit

800 gr singkong parut

100 gr kentang kukus, haluskan atau 80 gr tepung smashed potatoes.– pilih yang yang plain/ tanpa rasa

50 gr kelapa parut (saya pakai kelapa kering karena tidak ada kelapa segar di sini)

1 sdt garam

Bahan Isi

50 gram dried soya minced, masak sebentar dengan air kira-kira 200 – 250 ml sampai lembut.

4 buah bawang putih

5 buah bawang merah

4 buah cabe merah (kalau suka lebih pedas silakan tambah sendiri)

½ sdt ketumbar bubuk

1 ½ sdt garam

1 sdt gula pasir

1 sdt kecap manis

1 buah daun bawang iris atau seledri iris

1 genggam daun kemangi

Cara membuatnya :

  • Parut Singkong kemudian peras airnya menggunakan kain kassa keju atau serbet bersih.
  • Campurkan dengan kentang rebus, kepala dan garam.

Karena saya menggunakan kepala kering, dan tepung smashed potatoes, saya tidak memeras singkongnya, karena airnya akan di serap oleh kedua bahan kering tadi.

  • Haluskan bawang putih, bawah merah, cabe,
  • Tumis hingga wangi, masukan soya minced yang sudah dilembut, aduk
  • Masukan garam, gula dan kecap manis, aduk rata (rasa sedikit, tambah garam atau gula tergantung selera).
  • Masak sebentar kira-kira 5 menit sambil sesekali diaduk.
  • Terakhir tambahkan daun bawang/seledri iris dan daun kemangi., biarkan sebentar hingga layu, dan Isian siap di pakai.

Penyelesaian :

Ambil 1 – 1.5 sdm adonan singkong, bulatkan, pipihkan, masukan kira-kira 1 – 1.5 sdt isian, tutup, bulatkan dan pipihkan kembali atau bentuk sesuai selera. (kalau saya kira-kira 40 gr adonan singkong). Lakukan sampai adonan habis, lalu goreng.

Siap di goreng

Siap di goreng

Combro yang belum di goreng bisa disimpan di kulkas sampai 3 hari.

Selamat mencoba and Kali Orexi ( enjoy!!)

Combro 4

One thought on “Makanan Indonesia : Combro

Leave a Reply

